Ingin Biaya Renovasi Rumah Murah? Ikuti Cara Ini!

On 2017-05-27, in Tips, by editor

Anda ingin merenovasi rumah dengan biaya murah? Jika iya, ada caranya. Merenovasi rumah memang sering kali membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan tidak jarang biaya yang dikeluarkan melebihi biaya anggaran yang direncanakan. Untuk itu pengetahuan tentang cara renovasi rumah murah mutlak diperlukan, supaya apa yang sudah dianggarkan bisa tercapai dengan maksimal. Pengetahuan ini hasil dari kombinasi kebiasaan, pengetahuan tentang dasar-dasar renovasi dan tentu saja disiplin dalam eksekusi, jika gagal atau ada kendala segera lakukan evaluasi.

Berikut cara renovasi rumah murah yang bisa menambah pengetahuan Anda: 

1. Buat Skala Prioritas Supaya Renovasi Tidak Membengkak

Jika mengikuti kata hati atau saran dari tukang, bisa-bisa renovasi Anda baru setengah selesai namun biaya sudah habis. Disinilah perlunya membuat skala prioritas di dalam melakukan renovasi rumah. Jika Anda tidak fokus pada skala prioritas, biaya yang akan dikeluarkan jadi membengkak. Sedangkan budget yang dimiliki terbatas. 

2. Gunakan Bahan Bangunan “Bekas”, Namun Masih Layak Pakai

Kadang kita masih punya beberapa bahan bangunan bekas hasil renovasi sebelumnya yang tidak terpakai atau bisa juga bahan tersebut masih layak pakai namun masuk dalam kategori bagian yang ikut direnovasi. Gunakan kembali bahan bangunan bekas yang kondisinya masih bagus tersebut, misalnya saja pintu, jendela, genteng, peralatan sanitasi dan sebagainya. 

3. Pahami Rumus Dasar Renovasi: Buat Hitungan Volume Harga Pengerjaan

Pilih metode yang paling hemat. Lakukan perhitungan anggaran terperinci dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan. Jika Anda disiplin dalam melakukan ini maka nilai bangunan  Anda akan maksimal, biaya hemat hasil terlihat bagus.

4. Hitung Rencana Pengeluaran

Dalam membuat perhitungan biaya bisa Anda lakukan sendiri seperti panduan yang sudah diberikan. Jika belum puas juga Anda bisa berkonsultasi pada ahlinya, bisa saja teman, tukang, atau konsultasi online di beberapa media penyedia layanan konsultasi bangunan secara online. Jangan lupa, pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) harus berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan

5. Ajak Toko Material Sebagai Rekanan

Banyak toko bangunan yang memberikan kemudahan bagi calon pembeli yang akan melakukan renovasi dengan cara mengangsur untuk pembelian material bangunan di toko mereka. Kedua belah saling diuntungkan, di mana pembeli bisa mengalokasikan dana renovasi secara bertahap sedangkan pemilik toko juga terbantu dengan pembelian stock secara rutin untuk memenuhi target penjualan stock dari supplier mereka.

6. Jeli dan Hati-Hati Dalam Memilih Kontraktor Atau Jika Ragu Gunakan Jasa Tukang 

Jika ingin merenovasi rumah atau bangunan lain dengan menggunakan jasa kontraktor, sebaiknya cari dengan teliti, kontraktor yang benar-benar berpengalaman, jujur, serta profesional. Jika budget terbatas, sebaiknya Anda memilih jasa tukang saja.

7. Berhemat di Sisi Pengeluaran Lain yang Tak Terduga

Saat renovasi sering kita terjebak berkompetisi dengan lingkungan. Lihat tetangga membangun rumah dengan marmer dan kayu jati lantas kita ikut-ikutan. Hindari hal seperti ini. Fokus pada anggaran biaya dan berhematlah di sisi pengeluaran lain yang tak terduga.

Intinya, jika Anda ingin melakukan tips hemat renovasi rumah dengan biaya murah, Anda harus menekan biaya pengeluaran untuk sesuatu yang tidak diperlukan. Jika bahan bangunan lama masih bisa digunakan, jangan berfikir untuk memakai bahan bangunan yang baru karena itu hanya menambah dana yang akan Anda keluarkan untuk renovasi rumah Anda. Perhitungkan Segala Sesuatunya Dengan Baik.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us