Dinding Rumah Retak? Begini Cara Memperbaikinya

On 2017-07-22, in Tips, by editor

Banyak sekali kerusakan kecil yang terjadi pada elemen rumah. Misalkan kerusakan kayu akibat rayap dan keretakan rambut pada tembok. Tentu hal itu akan mengganggu keindahan pada rumah Anda. Tembok rumah adalah elemen dalam struktur yang dapat menambah kesan rumah Anda. Ada banyak cara agar tembok terlihat rapi an bersih. Salah satunya memakai cat dinding sesuai dengan selera. Namun kualitas dari acian di tembok juga memberi pengaruh terhadap keindahan rumah. Banyak sekali kerusakan-kerusakan kecil terjadi di dinding rumah seperti retak rambut, rembesan air, cat mengelupas dan sebagainya.

Penyebab Dinding Retak Rambut:

1. Tidak sempurnanya pengerjaan plester. Seperti kadar tanah pada plester yang lebih dari 5%. Proporsi pencampuran semen dan pasir terbaik adalah 1:3 – 1:5. Kurang homogennya pencampuran bahan.

2. Pengacian yang terlalu dini, yaitu saat plester belum benar-benar kering dan berhenti proses penyusutannya.

3. Pengacian pada permukaan plester yang sudah kering, tanpa menyiram permukaan plester dengan air terlebih dahulu, sehingga daya rekat bahan aci terhadap permukaan plester rendah.

4. Faktor alam dan lingkungan. Terjadinya gempa, pergeseran tanah dan adanya getaran yang kuat dan intens juga dapat memicu munculnya retak rambut pada dinding

Lalu, bagaimana cara memperbaikinya? Anda hanya perlu menambal bagian yang retak dengan menggunakan mortar acian, yaitu campuran antara semen dan air. Sebelumnya, buka lapisan dalam yang retak dengan lebar permukaan atau jarak dari kiri ke kanan sekitar 5 cm. Setelah itu, itu siram permukaan dinding dan diamkan beberapa menit. Kemudian, mulailah menambal yang retak dengan mortar acian dengan ketebalan sesuai dinding sebelah kiri dan kanan yang retak. Tunggulah selama 14 hari agar mengering sempurna. Setelah itu lakukanlah pengecatan dengan warna yang sama dengan cat sebelumnya. Demikian tips yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat. 

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us