Estetika Atap Rumah

On 2024-02-23, in Info, by editor

Atap rumah tidak hanya berfungsi untuk melindungi fasad rumah. Secara estetika, atap mampu menghadirkan karakter dan ciri khas arsitektur rumah secara keseluruhan. Bukan hanya interior yang selalu up dateakan desainnya, atap pun bisa dibuat semenarik mungkin. Buat desain rumah yang sesuai dengan karakter Anda, lalu baru memilih bentuk atap yang bisa menguatkan arsitektur rumah. Bentuk atap bisa dibuat dengan pola persegi setengah lingkaran, lengkungan, kerucut, dan sebagainya. 

Untuk memenuhi unsur kenyamanan dan keamanan, dibutuhkan material bahan penutup atap yang fleksibel. Dengan kata lain, material harus mampu menyesuaikan bentuk atap yang didesain. Kreativitas arsitek maupun penghuninya bisa menciptakan desain-desain unik dan menarik. Salah satunya melalui bentuk atap rumah yang memiliki desain tidak seperti atap pada umumnya. Untuk memenuhi kebutuhan atap dengan desain unik tersebut, Anda membutuhkan material penutup atap yang fleksibel. Beberapa bahan material atap ada yang terbuat dari bahan dasar logam yang diolah dengan campuran tertentu. Kemudian dibentuk menjadi lembaran panjang dan lebar.


Ciri fisik atap berbahan zincalume/ galvalume, yaitu ada yang berupa lembaran bergelombang hampir mirip seperti asbes dengan bobot per lembar sekitar 3,7 kg. Komponen bahan yang terkandung dalam bahan atap tersebut memiliki stabilitas dimensional tinggi, mudah dibentuk, aplikasi praktis, dan ramah lingkungan. Ciri lain yang bisa Anda jumpai, yaitu permukaannya datar dan memiliki warna bervariasi karena ditambahkan komponen tambahan berupa batuan alami. Material ini memiliki bobot tidak lebih dari 6 kg per meter persegi. Kemampuan melindungi air hujan maupun cuaca dari kedua ciri bahan ini cukup baik dan aman. Meskipun bentuk atap yang dibuat tidak seperti biasanya, misalnya kemiringan antara 15 sampai 90 derajat.

Untuk menghadirkan bentuk atap yang unik, tentu harus didukung material rangka yang baik. Penggunaan kayu atau rangka baja menjadi komponen yang penting. Namun, penggunaan kayu kini semakin sulit. Ada baiknya Anda menggunakan rangka baja ringan atau sejenisnya yang berbahan logam. Pola desain melalui material rangka ini juga bisa seluwes kayu. Hanya dibutuhkan keahlian khusus dalam memasang rangka untuk mendapat bentuk yang sesuai dengan arsitektur rumah yang diinginkan. Memasang atap yang bentuknya tidak umum, tentunya dibutuhkan keahlian dalam memasang rangka. 

Untuk itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan arsitek maupun produsen rangka baja ringan. Umumnya para produsen baja sudah memiliki software untuk menghitung kebutuhan rangka hingga harga final yang dibutuhkan konsumen.Desain atap memang dibuat untuk melengkapi unsur estetika, kenyamanan, dan keamanan. Ketiga unsur ini menjadi penting untuk bisa menghadirkan rumah yang berkarakter dan berciri. Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap penghuninya. Rumah tidak hanya sebatas memberi keamanan pemiliknya, juga memberi kenyamanan dan faktor estetika menjadikan rumah mencerminkan karakter pemiliknya. Rangka baja ringan dapat digunakan sebagai pembentuk rangka alternatif yang baik sebagai pengganti kayu. Karena selain tidak mudah korosi, material rangka cukup aman dari bahaya rayap. Selamat berkreasi!

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us