Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Baja Ringan

On 2024-03-08, in Info, by editor

Cara memasang atap harus sesuai dengan standarnya agar tidak jadi kesalahan pemasangan rangka yang menjadi penyebab atap genteng bocor. Untuk itu hal-hal teknis yang perlu diperhatikan secara cermat saat memasang rangka atap bangunan agar atap rumah tidak bocor meliputi:

- Kuda-kuda harus terpasang dengan kuat dan terdapat angkur (dynabolt) yang melengkapi kedua tumpuannya.

- Posisi kuda-kuda tegak lurus dengan struktur pendukungnya (ringbalk).

- Tinggi ape dalam pemasangan nok kuda-kuda harus rata.

- Sisi miring atap tidak bergelombang (rata & lurus)

- Lapisan pelindung harus dalam keadaan bagus dan tidak cacat

- Jangan sampai salah memasang rangka yang menyebabkan deformasi (perubahan bentuk)

Apabila Anda mengikuti standar persyaratan diatas, dijamin pemasangan rangka atap berjalan lancar dan hasilnya kuat. Pertimbangkan juga apabila Anda ingin memasang antena di bagian atap rumah yang harus pula disesuaikan dengan pemasangan rangka baja ini. Sebelum ke tahap pemasangan, ada pula yang perlu diperhatikan agar pemasangan rangka bisa menyesuaikan dengan gentengnya. Sebab, apabila Anda memasang rangka tanpa tahu ukuran dan bentuk gentengnya, dikhawatirkan setelah rangka terpasang nantinya tidak sesuai dengan genteng atau bahan atapnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan Cara Memasang Baja Ringan Pada Atap Rumah adalah :

1. Ukur Atap

Gunakan meteran untuk mengukur jarak antara bubungannya. Dalam pengukuran atap ini, sebaiknya Anda mengukur kemiringan atap terlebih dahulu yang rata-rata idealnya adalah 25-30 derajat. 

2. Hitung Jumlah Beban Atap

Mempertimbangkan beban atap sangat penting sebelum memasang atap baja ini. Berat bahan yang dugunakan sebagai atap akan mempengaruhi keawetan rangka baja ini.

3. Perhatikan Bentuk Atap

Mempertimbangkan bentuk atap sangat penting sebelum memasang baja ringan. Sebab bentuk atap mempengaruhi bagaimana bentuk kerangka baja ringan sebagai penyanga atapnya. Sehingga ketika  Anda membeli baja ringan, akan menyesuaikan dengan bentuk atapnya. Apabila ingin menggunakan atap model lengkung, maka butuh rangka baja yang ringan dan sesuai dengan bentuk.

Apabila Anda memasang satu jalur penutup atap, maka lakukan dari bawah dulu sampai ke atas, agar hasil yang didapatkan rapi, lurus dan pola yang terbentuk tidak berbelok-belok. Jadi, lakukan dengan telaten ya pemasangan gentengnya. Anda juga bisa mempertimbangkan pilihan genteng yang akan dipakai. Selamat mencoba!

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us