Sudut Kemiringan Atap Rumah

On 2016-08-31, in Info, by editor

Untuk daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi dan disertai angin yang kuat seperti di Indonesia, maka atap rumah harus memperhitungkan teknik mengalirkan air hujan yang baik. Di beberapa daerah dengan curah hujan rendah, cenderung mempunyai atap rumah yang lebih landai. Desain atap yang sederhana biasanya memiliki kebocoran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan desain atap yang rumit. Karena desain atap yang rumit memiliki banyak sambungan yang biasanya cenderung bocor.

Sudut kemiringan atap genteng 30 – 40 derajat
Terlalu miring akan menyulitkan pemasangan dan dapat membuat genteng melorot dan sulit dipanjat. Kurang miring akan menyebabkan air hujan tempias, terutama saat hujan angin dengan arah angin tepat dari depan atap genteng. Sudut dapat sedikit lebih landai jika genteng lebih lebar dan lebih panjang. Jika ingin sudut yang lebih curam maka sebaiknya menggunakan genteng metal yang disekrup ke rangka baja ringan agar tidak mudah melorot.


Genteng metal dengan 15-35 derajat sudut kemiringan
Genteng metal dan rangka baja ringan saat ini sangat populer. Genteng metal dan rangka baja ringan secara teoritis tidak akan berkarat dan rusak dimakan usia, kecuali jika tertimpa benda berat, tertiup angin topan, dan bencana lainnya. Atap jenis ini juga mudah dibangun, dan ekonomis. Tidak seperti rangka atap kayu yang sulit dibangun dan mudah dimakan rayap. Dapat diikat dengan sekrup agar tidak mudah menganga, atau melorot jika sudut kemiringan terlalu curam. Berbagai pilihan model genteng dan warnanya tersedia di pasaran. Oleh karena itu atap ini menjadi sangat populer saat ini.

 

Atap metal kemiringan minimal dapat serendah 10 derajat
Panjang atap ini bisa dibuat tanpa sambungan, dengan cara memesan atau fabrikasi agar panjang setiap lembaran atap sesuai bentuk desain atap. Ada inovasi yang tidak menggunakan baut, tapi menggunakan sejenis klip yang mengait atap metal dari bawah, klip tersebut dipasang di rangka atap. Sehingga sama sekali tidak ada lubang baut pada atap metal dengan klip ini. Atap metal tanpa sambungan diklaim oleh pabrikan dapat mengalirkan air walau kemiringan kurang dari 10 derajat. Atap metal dapat dicat agar lebih menarik.

 

Tertarik dengan atap metal? Coba gunakan genteng metal Rainbow untuk mempercantik atap bangunan Anda. Anda dapat memperoleh genteng metal Rainbow di toko bahan bangunan terdekat di kota Anda atau kunjungi kami di http://materialbangunan.com/ Semoga bermanfaat!

Tags : sudut
kemiringan
atap
rumah
gentengmetal
Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us