Cara Singkat untuk Membersihkan Rumah Pasca Banjir

On 2017-02-24, in Tips, by editor

Banjir. Kalau mendengar kata banjir pasti masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Apalagi bagi mereka yang tinggal di Jakarta dan harus merasakan banjir yang selalu datang paling tidak sekali dalam setahun. Saking seringnya menghadapi banjir, orang-orang pun cenderung rileks dan kurang memperhatikan kesehatan serta kebersihan tempat tinggal mereka pasca banjir surut. Jika hal itu terjadi pada Anda, pastinya membersihkan rumah adalah salah satu tugas wajib yang dilakukan setelah banjir surut. Lantas apa saja cara terbaik membersihkan rumah pasca banjir? Berikut ini caranya:

1. Matikan Arus Listrik

Mematikan arus listrik ketika akan membersihkan rumah pasca banjir adalah hal yang harus dilakukan pertama kalinya. Alasannya karena ditakutkan adanya arus listrik yang mengalir lewat genangan air yang masih berada di beberapa bagian rumah. Selain itu, dengan mematikan arus listrik akan menghindari Anda dari terkena sengatan listrik yang bisa membahayakan diri. 

2. Bersihkan Lumpur

Gunakan sepatu boot saat Anda akan memulai membersihkan lumpur tebal di lantai rumah. Hal ini untuk menghindari jika di dalam lumpur tersebut terdapat pecahan kaca atau benda tajam yang dapat melukai kaki Anda.

3. Gunakan Air Bersih atau Desinfektan

Saat banjir memenuhi rumah biasanya diikuti lumpur yang terbawa genangan air. Oleh karenanya, Anda membutuhkan waktu membersihkannya dengan air bersih. Air bersih nantinya mampu memudahkan Anda dalam membersihkan lumpur yang membandel. Jika cara itu masih terasa kurang, Anda juga bisa menggunakan cairan desinfektan yang mampu membersihkan kuman serta kotoran yang menempel.

4. Perhatikan Barang Lembab

Memang tak semua barang-barang terkena rendaman air saat banjir, tapi dapat dipastikan bahwa barang-barang Anda dalam kondisi lembab. Apalagi barang-barang yang berbahan kain seperti pakaian, handuk, dan selimut paling mudah untuk terkontaminasi bakteri. Jika demikian, cucilah pakaian dengan air panas kemudian jemur hingga kering. Bila Anda memiliki karpet yang juga lembab, cucilah dengan menggunakan larutan desinfektan sebanyak dua sendok makan. Kemudian keringkan karpet dengan cara menggantungkannya dan terkena sinar matahari langsung. 

5. Perhatikan Dinding

Dinding yang ada di rumah tidak boleh luput dari perhatian Anda. Bersihkan segera dinding dari lumpur yang menempel dengan sikat dan cairan desinfektan. Jika beberapa bagian dinding rusak hingga catnya mengelupas, Anda bisa melakukan pengecatan ulang.

6. Cuci Peralatan Makan

Jika ada peralatan makan yang terkena lumpur, bersihkan dengan sabun cuci yang juga mengandung antiseptic dan desinfektan. Setelah itu, rebus peralatan makan dengan air. Hindari mengonsumsi makanan apa pun, termasuk makanan kaleng yang terkena kontak dengan air banjir. 

7. Perbaiki Perangkat Elektronik

Selain interior rumah, biasanya perangkat elektronik Anda pun juga terkena dampak dari genangan banjir ini. Jangan menyambungkan perangkat elektronik yang sudah terkena air ke listrik karena dapat menimbulkan kerusakan pada perangkat elektronik. Lebih baik Anda membawa perangkat elektronik yang rusak ke tempat servis terpercaya untuk diperbaiki sesegera mungkin. 

Demikian ulasan tentang cara membersihkan rumah pasca banjir, Anda juga bisa membaca artikel lain seputar atap dan rumah di website kami. Semoga bermanfaat!

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us