Konstruksi Rangka Atap Rumah Kayu atau Baja Ringan?

On 2017-09-16, in Info, by editor

Pilihan konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Atap merupakan suatu penutup pada bangunan yang terletak di bagian atas, atau suatu benda yang digunakan untuk menutup bagian atas bangunan yang dapat melindungi bangunan dan juga penghuninya, baik secara psikis maupun fisik. Perlindungan psikis bersifat abstrak, yang dimaksud dengan perlindungan psikis adalah perlindungan terhadap manusia yang berada di bawah perlindungan bangunan tersebut akan merasa nyaman dan lebih tenang, sedangkan perlindungan fisik adalah perlindungan terhadap apapun yang dapat merusak bangunan maupun ancaman terhadap manusia yang ada dibawah nya.

Atap Kayu dan Atap Baja Ringan

Peranan atap terhadap bangunan di bawahnya maupun manusianya sangat penting dalam memberikan perlindungan. Sedangkan fungsi utama dari atap yaitu untuk melindungi bangunan dari segala bentuk perubahan cuaca, mulai dari hujan, panas, angin, debu, petir, salju, dam lain sebagainya. Selain itu atap juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap struktur bangunan dengan menutupi ruangan yang terdapat dibawah nya, atap juga berfungsi untuk mencegah air hujan masuk kedalam bangunan, mencegah panas yang berlebihan, dan juga dapat mengurangi gerakan angin. Hingga sekarang ini peran atap sangat mempengaruhi nilai estetika suatu bangunan.

Atap Kayu

Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Sebelum adanya penebangan hutan secara liar dan juga besar-besaran serta tidak memperhatikan lingkungan, rangka atap kayu sangat murah dan banyak digemari oleh masyarakat daripada rangka atap baja ringan. Kelebihan dari atap kayu pun bermacam-macam. Balok kayu akan lebih tahan terhadap api jika dibandingkan dengan baja. Dengan menggunakan atap kayu juga tidak membutuhkan seseorang yang ahli dalam pemasangannya, karena pemasangannya cukup mudah dalam pemasangannya.

Dalam menggunakan rangka atap kayu, penggunaannya akan lebih fleksibel, mengingat atap kayu dapat dibentuk dan dipotong sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan secara fleksibel. Dengan menggunakan atap kayu juga akan membuat penampilan dari bangunan terlihat lebih alami. Namun dibalik kelebihan dari atap kayu, kekurangan yang dimiliki dari menggunakan atap kayu adalah atap kayu tidak tahan terhadap rayap, sehingga dapat merusak struktur atap dan juga mudah terbakar. Atap kayu juga dapat menyusut dan mengembang sesuai dengan temperatur yang ada.

Atap Baja Ringan

Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Sekarang ini rangka baja ringan mulai menggantikan kayu yang notabene dari dulu hingga sekarang sudah digunakan untuk sebuah kerangka pada bangunan utama dan juga atap rumah. Akibat dari penebangan hutan secara liar membuat bangunan dengan bahan baku kayu mulai berkurang, hal ini merupakan sebuah wujud kepedulian terhadap lingkungan dan melestarikan bumi. Sehingga kini kayu mulai digantikan dengan baja ringan. Banyaknya penebangan kayu secara liar dan juga besar-besaran serta tidak ramah lingkungan membuat berbagai produk industri berbondong-bondong menghasilkan inovasi baru. Salah satu yang menghasilkan produk baru adalah perusahaan konstruksi atau bahan bangunan. Seiring munculnya konsep pembangunan ramah lingkungan yang lebih menekankan pada peningkatan efisiensi dalam menggunakan air, material bangunan, dan energi, berawal dari pembangunan, desain, hingga pemeliharaan bangunan itu ke depannya.

Saat ini material baja ringan menjadi tren tersendiri sebagai material bangunan, pada rangka atap baja ringan lebih populer jika dibandingkan dengan material baja yang lainnya. Hal ini disebabkan gencarnya pengiklanan mengenai rangka atap baja ringan yang menggantikan rangka kayu, yang notabene dari dahulu sudah menjadi bahan bangunan utama. Selain itu sekarang ini rangka kayu semakin mahal sehingga menggunakan rangka baja ringan menjadi salah satu alternatif pengganti rangka kayu.

Dengan menggunakan atap baja ringan akan mampu menopang beban berat yang ada di bagian atap rumah anda. Efisiensi waktu dalam proses pemasangan juga menjadi salah satu alasan sekarang ini banyak yang menggunakan kerangka atap baja ringan, mudahnya dalam pemasangan juga menjadi salah satu alasan yang mendasari penggunaan atap baja ringan kini semakin populer. Produk atap baja ringan yang baik memiliki sifat yang ramah lingkungan, hal ini disebabkan karena menggunakan material yang juga ramah lingkungan dan dapat mengurangi maraknya penebangan secara liar.

Untuk melindungi bumi dan menjaga kelestarian bumi, akan lebih baik jika mengurangi penggunaan kayu sebagai bahan pembangunan. Dan dengan menggunakan baja ringan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk anda yang ingin meninggikan bangunan atau membuat rumah dua lantai dengan cepat dan hemat, sekarang ini banyak jasa kontraktor yang menyediakan jasa untuk pembangunan rumah anda yang tentunya dapat menjaga kelestarian lingkungan. Semoga bermanfaat.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us