7 Atap Bangunan Menakjubkan Seluruh Dunia

On 2017-09-23, in Info, by editor

Monumen Hiu di Oxford, Inggris

Seekor ikan hiu menancap tepat di atas rumah milik Bill Heine, di Headington, Oxford, Inggris. Sang pemilik sengaja membuat patung fiberglass itu“tertancap” di atap rumahnya pada tahun 1986. Di awal kemunculannya rumah “nyeleneh” ini sempat menuai kecaman dari para tetangga, sebelum diresmikan sebagai museum di kemudian hari. Monumen hiu ini didirikan sebagai bentuk protes sang pemilik terhadap efek radiasi nuklir pada manusia.

Atap Rumput di Norwegia

Rumah tua yang telah ditinggalkan pemiliknya ini ditumbuhi beberapa tanaman yang sengaja dibiarkan tubuh liar selama bertahun-tahun. Alam telah mengambil alih rumah yang terletak di dekat padang rumput luas di dekat Gol, Norwegia. Terletak di jalur lintas Norwegia, rumah beratapkan rumput dan beberapa tanaman liar ini berhasil memikat para pengguna jalan untuk sekedar berhenti maupun mengambil foto. 

Rumah Daun di Rio de Janeiro, Brazil

Menggabungkan sebuah inovasi dan keindahan arsitektur, rumah yang dijuluki “The Leaf House” ini memiliki “daun” yang melindungi semua struktur rumah. Dibangun dengan dengan mengedepankan ruang terbuka Sang arsitek Mareine dan Patalano, mendapatkan inspirasi dari struktur tradisional India. Menyesuaikan dengan lokasi yang berada di tepi pantai Rio de Janeiro, atap yang berbentuk kelopak daun ini berfungsi sebagai ventilasi alami. Di musim penghujan, atapnya berfungsi sebagai penampung air hujan yang digunakan kembali untuk kepentingan di dalam rumah. Bentuk atap juga memungkinkan angin laut masuk secara merata ke seluruh bagian rumah.

Apartemen Hundertwasser di Vienna, Austria

Dirancang oleh arsitek dan pelukis asli Austria, Friedenscreich Hundertwasser, dibangun antara tahun 1983 dan 1986. Memiliki 105 unitapartemen, bangunan ramah lingkungan ini menjadi situs warisan budaya yang sangat penting di Austria. Dengan atap berbentuk spiral dan ditumbuhi semak di setiap celahnya berhasil membuat bangunan ini menjadi apartemen ramah lingkungan di Eropa. 

Rumah Tongkonan, Sulawei Selatan, Indonesia

Tongkonan merupakan rumah adat masyarakat Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Rumah berbentuk panggung ini dibangun dari kayu dimana kolong di bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Atapnya rumah tongkonan dilapisi ijuk hitam dan bentuknya melengkung persis seperti perahu telungkup dengan buritan. Semua rumah tongkonan berdiri berjejer akan mengarah ke utara. Arah tongkonan yang menghadap ke utara serta ujung atap yang runcing ke atas melambangkan leluhur mereka yang berasal dari utara.

Rumah Gelembung di Tourrettes-sur-Loup, Perancis

Rumah Gelembung ini merupakan rancangan seorang arsitek Hungaria Antti Lovag untuk perancang busana, Pierre Cardin pada awal tahun 70-an. Oleh pemerintah Perancis, khususnya kementrian budaya, bubble house ini didaftarkan sebagai sebuah monumen bersejarah meski rumah itu belum selesai. Seperti namanya, bubble house, rumah gelembung itu berbentuk seperti gelembung-gelembung yang sekaligus merupakan tembok-temboknya, dimana bubble house ini sangat futuristik, organik, bahkan jendela serta pintu dibuat berbentuk cembung, dan oval.

Museum di Les Loucs sur Bulogne, Perancis

Ini sebenarnya bukan rumah tinggal, tapi sebuah museum sejarah yang terletak di Les Loucs sur Bulogne. Yang paling menarik tentang rumah ini adalah bahwa Anda pada tidak bisa melihat atapnya dari kejauhan. Museum ini dibangun sedemikian rupa sehingga benar-benar menyatu dengan alam dan memberikan ilusi optik yang sempurna.Terdiri dari bangunan berukuran besar dengan atap seperti lapangan sepak bola, bisa dipastikan Anda tidak akan bisa melihat bangunan ini dari jarak jauh.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us