Perawatan rumah: cara mengatasi atap bocor

On 2020-02-14, in Info, by editor

Mengatasi dak bocor tidak serumit yang dibayangkan. Temukan cara mengatasi dak bocor di artikel ini. Ketika musim penghujan datang, masalah-masalah seperti atap yang bocor kerap terjadi dan akan merepotkan Anda. Selain itu, air yang masuk melalui atap juga dapat merusak perabotan di dalam rumah. Tapi ini semua bisa ditanggulangi dengan mudah. Pertama-tama untuk mengatasi dak bocor, ketahui penyebab atap atau dak rumah Anda bocor. Setelah sumber permasalahan sudah diketahui, Anda bisa melakukan perbaikan berdasarkan persoalan yang terjadi. Artikel ini akan memuat segala hal yang perlu Anda ketahui mulai dari cara mengatasi genteng bocor hingga cara mengatasi dak bocor dari bawah. Untuk menanggulangi masalah-masalah lainnya, simak juga artikel kami tentang tips mengatasi masalah yang timbul di musim hujan. Selalu awali pengerjaan dengan mencari tahu sumber permasalahan atap bocor. Setelah diketahui, pilih cara mengatasi atap bocor yang sesuai agar mendapatkan hasil terbaik.

Mengapa atap rumah bocor?

Kunci untuk mengatasi genteng bocor adalah dengan bertindak cepat. Semakin cepat Anda memperbaiki atap, semakin kecil kerusakan yang terjadi. Tentunya Anda perlu terlebih dahulu mengetahui sumber masalah mengapa atap rumah bocor sebelum menentukan cara mengatasi atap bocor yang sesuai. Simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

- Lapisan dan kerangka atap yang keropos

- Penyekat yang kedaluarsa

- Genteng patah atau keropos

- Terdapat puing di sela-sela atap

- Lapisan kedap air yang usang

Permasalahan di atas dapat terjadi di rumah tua maupun baru karena alam atau kesalahan manusia. Untuk mengurangi beban pekerjaan rumah, ada baiknya jika rumah diasuransikan agar Anda tidak perlu repot memperbaiki atap yang bocor sendiri.

Cara mengatasi dak bocor

Dak beton yang retak biasanya terjadi karena lapisan semen keropos sehingga memberikan jalan bagi air hingga masuk ke dalam rumah. Berikut tips cara mengatasi dak bocor.

- Jika retakan hanya pada lapisan luar dak, Anda cukup menutupi retakan dengan semen. Tuangkan semen dan air ke dalam ember, aduk campuran hingga merata. Lapisi bagian yang retak dengan campuran semen dan gunakan sekop. Ketika sudah kering, lapisi dak dengan lapisan tahan air yang terbuat dari polyurethane.

- Jika retakan hingga ke bagian dalam beton, Anda harus menutup retakan dengan campuran isi beton yang terbuat dari epoxy atau campuran beton dan cairan aditif. Gunakan corong untuk memasuki campuran yang telah disediakan ke dalam retakan.

- Untuk cara mengatasi dak bocor dari bawah, air yang mengalir tentunya dari atas dak. Ketika atas dak sudah dibenahi, hilangkan jamur yang berbentuk bintik hitam pada bagian bawah dak. Gosok dengan larutan anti jamur hingga bintik hitam menghilang. Kemudian cat ulang dak hingga dua kali untuk hasil yang optimal.

Cara mengatasi genteng bocor

Pada umumnya, genteng terbuat dari dua pilihan jenis bahan, yaitu tanah liat dan beton. Genteng yang patah dan keropos sebaiknya diganti dengan yang baru agar kerusakan dapat ditangkis seketika. Tapi jika kerusakan tidak terlalu parah dan Anda ingin mengatasi genteng bocor dengan tanpa menggantinya, silahkan ikuti caranya di bawah ini:

1. Bersihkan genteng yang retak, setidaknya hilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan genteng yang bocor.

2. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti semen putih, air, wadah bekas, sekop, dan ampelas.

3. Campurkan semen putih dengan sedikit air hingga mengental di dalam wadah bekas. Tuangkan dengan sekop ke dalam retakan pada genteng.

4. Tunggu hingga mengering. Sesudah itu, gosok dengan ampelas hingga lapisan genteng menjadi halus.

5. Lapisi genteng dengan cairan anti air atau cat anti air.

Semen putih akan membuat genteng setidaknya lebih kuat digunakan hingga 2-3 tahun ke depan. Teknik ­cara mengatasi atap bocor di atas memang sulit dan berbahaya, terutama jika Anda tidak mampu untuk memanjat ke bagian yang lebih tinggi. Jika Anda merasa tidak mampu dan untuk menjaga keselamatan pribadi, sebaiknya pekerjakan tukang profesional untuk membenahi atap yang bocor. Rembesan air dari atap akan merusak cat dinding rumah. Baca artikel selanjutnya untuk mendapatkan tips cara menghilangkan cat tembok lama.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us