5 Opsi Wujud Atap Rumah

On 2024-08-16, in Info, by editor

Wujud atap rumah yang digunakan untuk melindungi hunian nyatanya banyak ragamnya. Masing-masing desainnya mempunyai wujud berbeda serta membagikan kesan tertentu pada tiap-tiap hunian. Tipe atap mana yang sesuai dengan rumah masa kini? Wujud atap rumah yang dipasang di Indonesia bermacam-macam. Atap tersebut wajib mempunyai desain miring sehingga bisa mengalirkan air hujan dengan baik ke tanah. Desain ini sendiri dipengaruhi oleh cuaca Indonesia yang tropis serta mempunyai curah hujan yang tinggi.

Berikut ini sebagian desain atap yang sesuai untuk dijadikan opsi rumah Anda

Rumah Atap Pelana Modern

Atap pelana ialah desain yang sangat universal digunakan pada rumah-rumah di Indonesia. Model atap ini mempunyai permukaan berupa 2 trapesium dengan kemiringan 30-40 derajat. Disebut atap pelana karena menyerupai

dudukan di punggung kuda (pelana). Wujud atap ini sangat sederhana serta mempunyai kemiringan yang cocok buat mengalirkan air hujan ke tanah. Itu sebabnya tidak susah menemui rumah-rumah dengan wujud atap demikian di sebagian wilayah di Indonesia.

Wujud Atap Perisai

Sama dengan atap pelana, wujud atap perisai juga kerap diaplikasikan di rumah.

Atap ini mempunyai wujud permukaan yang terdiri dari 2 buah jajar genjang di bagian sisi serta 2 buah segitiga di bagian depan yang menyatu pada satu titik. Apa yang berbeda dengan pelana? Model atap rumah satu ini mempunyai desain yang nampak lebih modern. Rumah-rumah minimalis modern masa kini juga kerap memakainya sebagai penutup rumah.

Wujud Atap Rumah Limas

Atap wujud limas nyaris sama dengan desain atap perisai. Bedanya, atap tipe ini tersusun oleh permukaan yang berupa segitiga. Wujudnya menguncup semacam limas ataupun piramida. Desain atap yang melebar serta presisi di seluruh sisi, memberikan proteksi yang menyeluruh pada rumah dari panas serta hujan.

Wujud Atap Rumah Miring Alias Atap Sandar

Bersamaan berjalannya waktu serta berubahnya tren, terciptalah desain atap sandar dengan permukaan tunggal yang berupa miring. Tipe atap yang satu ini juga banyak diaplikasikan buat rumah-rumah minimalis dengan desain yang modern. Awal mulanya model atap sandar hanya digunakan sebagai tambahan saja. Tampilannya yang unik membuat pemilik hunian minimalis modern serta futuristik sering memakai wujud atap rumah satu ini.

Wujud Atap Kupu- Kupu

Atap dengan desain kupu-kupu memanglah belum niversal digunakan pada rumah-rumah di Indonesia. Di sisi lain, rumah-rumah saat ini yang berdesain minimalis serta kontemporer sebagian telah mengaplikasikannya. Wujudnya semacam trapesium seperti sayap yang dibagi 2. Dimensi kedua permukaan atap ini dapat tidak identik. Dapat besar sebelah ataupun kecil sebelah. Tetesan hujan yang turun akan tertampung di bagian tengah setelah itu dialirkan ke dasar. Air tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari semacam menyiram tanaman.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us