Bagian Rumah yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

On 2017-05-20, in Tips, by editor

Apalah gunanya rumah indah, membayar mahal arsitek dan interior designer, penggunaan material terbaik dan termahal, kalau ujung-ujungnya rumah tidak nyaman ditinggali? Banyak sekali faktor kenyamanan hidup di rumah selain desain bangunan itu sendiri. Salah satu yang sangat penting adalah masalah kebersihan. Mau sebesar apapun rumahnya, sekeren apapun tatanan interior di dalamnya, semegah dan secanggih apapun furniturnya, tetap akan kelihatan jelek kalau rumah tersebut kotor.

Membersihkan rumah merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Bukan hanya mengepel, tapi juga bersih-bersih bagian lainnya. Tips kali ini setidaknya ada beberapa bagian yang harus Anda bersihkan setiap hari. Ya, setiap hari!

Wastafel dapur

Mungkin Anda sering mendengar pentingnya menjaga kebersihan wastafel di dapur Anda. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat mencuci piring dan tangan, wastafel adalah bagian yang paling awal mencerminkan kebersihan dapur Anda. Untuk itu jangan malas melakukan pembersihan setiap harinya, minimal menghilangkan bekas busa dan kotoran sisa mencuci piring. 

Wastafel, kaca dan dinding kamar mandi

Setiap harinya wastafel dan kaca kamar mandi menyambut Anda ketika hendak mandi dan sikat gigi. Bekas busa dan pasta gigi yang tercecer akan meninggalkan bekas yang sulit hilang kalau tidak segera dibersihkan. Jangan sampai pagi Anda menjadi tidak menyenangkan. Anda juga terbiasa membersihkan dinding kamar mandi seminggu sekali? Ubah pola dan jadwal ini menjadi setiap hari. Dinding kamar mandi terkena cipratan kotoran dari tubuh setiap hari. Bahkan bisa jadi cipratan saat Anda buang air kecil. Karenanya, dinding ini perlu dibersihkan dengan larutan pembersih kamar mandi setiap hari. Selain menghilangkan bau, juga mencegah timbulnya kotoran yang berkerak dan susah dihilangkan.

Meja dapur

Ini bisa menjadi kebiasaan yang berdampak positif terhadap tampilan dapur Anda keseluruhan. Selesai memasak, bekas bumbu dan cipratan minyak kerap mengotori meja dapur dan bisa membuat dapur menjadi lembab dan kotor. Jangan tinggalkan piring, gelas, dan sendok-garpu dalam keadaan kotor. Selain menimbulkan kuman dan kotoran berkerak, juga menghasilkan bau yang sangat tidak sedap. Segera cuci peralatan makan dan alat masak setiap malam, agar udara pagi di rumah terasa lebih bersih dan segar.

Menyapu lantai dapur

Anda mungkin heran mengapa banyak tugas bersih-bersih rutin yang dilakukan di area dapur? Alasannya karena dapur kita menjadi tempat yang paling banyak menimbulkan kotoran baru setiap harinya. Dan jika kotoran sudah menumpuk, dapur Anda bisa menjadi sarang berkumpulnya serangga seperti kecoa dan tikus. Untuk itu, biasakan untuk menjaga kebersihan dapur, salah satunya dengan menyapu (atau ditambah dengan mengepel) lantai dapur setiap hari sesering mungkin.

Merapikan ranjang

Tugas ringan ini umumnya terlewat untuk Anda lakukan. Padahal merapikan ranjang akan membuat tampilan kamar terlihat bersih seketika. Anda akan merasa nyaman untuk tidur sekembalinya dari aktivitas kerja seharian.

Lampu tidur

Mungkin menurut Anda tidak penting, namun lampu tidur kerap dihinggapi debu yang mengganggu pernafasan Anda selagi tidur. Untuk itu, lakukan pembersihan ringan seperti mengelapnya dengan tisu untuk menjaga lampu tidur Anda tetap terlihat bersih dan cantik.

Membersihkan perlengkapan hewan peliharaan

Jika Anda punya hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau hamster, pembersihan kotak kotoran adalah agenda yang wajib dilakukan setiap harinya. Tidak hanya membuat udara rumah menjadi segar, namun menjauhkan serangga nakal seperti lalat untuk hinggap di dalam rumah. 

Sudahkah Anda membersihkan seluruh komponen di atas hari ini? Saat yang tepat di akhir ini untuk mulai membersihkan rumah Anda ya. Atau malah masih mempertimbangkan untuk merenovasi rumah Anda? Jangan lupa gunakan genteng metal Rainbow untuk renovsi atap rumah Anda. Happy weekend!

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us