Bagaimana cara mengatasi atap genteng korosi

On 2019-06-28, in Tips, by editor

Jika musim penghujan tiba kebocoran atap pasti menjadi sesuatu yang menjengkelkan karena selain rumah atau ruangan kita kemasukan air, kerangka atap dan kerangka plafon rumah akan mengalami pelapukan jika terjadi terus menerus. Sebelum melakukan tindakan memperbaiki atap yang rusak, perlu kita ketahui penyebab penutup atap (genteng) rusak. Pada umumnya kerusakan disebabkan beberapa faktor, yaitu

1.Masalah usia pakai
Masalah ini erat kaitannya dengan material pembentuk genteng. Karena tidak memenuhi kriteria sebagai penutup atap yang baik, maka dalam kurun waktu tertentu genteng menjadi retak, remuk, keropos sehingga membuat celah pada atap, atau genteng mudah pecah bahkan pada saat pemasangan, karena terinjak oleh pelaksana pemasangan.

2.Kejatuhan benda juga dapat menyebabkan genteng rusak, apalagi bila material gentengnya ringkih, tidak kuat. Terkena guncangan atau tiupan angin kencang (kondisi alam). Lumut yang muncul di genteng juga bisa memicu genteng mudah retak dan terjadi rembesan air. Cara mengatasinya adalah dengan mencari sumber penyebab kerusakan. Bila kerusakan ringan dan hanya sebagian saja, tidak perlu dilakukan perbaikan seluruhnya, hanya pada bagian yang rusak saja, misalnya sebagian genteng pecah, dapat diganti dengan yang baru.

Yang harus diperhatikan jika sudah melakukan renovasi/perbaikan di atap rumah agar kesalahan yang sama tidak terulang lagi adalah Jangan lakukan perbaikan yang asal-asalan dan tidak tepat, akan menyebabkan kebocoran jangka panjang karena sifatnya temporer dan tidak menjadi solusi untuk masalah kebocoran.

Menambal genteng metal bocor pakai jurus jitu

Bocornya atap diakibatkan karena sifat logam yang mudah korosi/berkarat karena umur atau penyebab lainnya, korosi sering terjadi di ujung, juga di tempat sambungan antar atap dan juga di atas gording yaitu di sekitar skrup, jika kebocoran walaupun setitik jika dibiarkan korosi akan cepat merambat dan akan berakibat kebocoran semakin besar atau bahkan seng akan ambrol.

Jika terjadi kebocoran pada atap cara paling mudah dan praktis adalah dengan mengganti dengan yang baru namun akan memakan biaya yang cukup mahal, tetapi jika kita mau repot sedikit dengan menambal dengan benar kebocoran akan teratasi, penambalan dengan cara yang tepat bisa bertahan sekitar 2 tahun.

Sekarang kita siapkan bahan-bahannya yaitu:

- Cairan/larutan waterproof (dipasaran dikenal dengan merk no drop, plintkote, nipon elastex dan lainnya)

- Serat Fiber (met 455) di toko bangunan banyak tersedia

- Larutan HCL (tersedia di toko kimia, jika tidak ada bisa diganti dengan soda api yang dilarutkan ke air)

- Cat besi


Cara pekerjaan:

- Bersihkan dengan sikat kawat permukaan seng yang akan ditambal, buang yang kropos

- Kemudian bersihkan dengan larutan HCL 

- Setelah benar-benar bersih dan kering di cat dengn cat besi

- Setelah cat besi kering lapisi dengan waterproff dan serat fiber dengan betul-betul rata

- Lalu cat lagi dengan cat besi, untuk warna cat bisa menyesuaikan dengan warna seng

Selamat mencoba!

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us