Atap Rumah Kos Bocor, Siapa Tahu Masuk 4 Penyebab Ini!

On 2019-12-06, in Info, by editor

Kos yang nyaman adalah idaman semua anak kos. Namun, apa jadinya jika kos yang kita sewakan ternyata malah menuai komplain dari anak kos dikarenakan kondisi kos yang menyusahkan? Apalagi salah satunya adalah masalah atap yang bocor. Air yang masuk dan membasahi lantai serta perabotan lain membuat anak kos kerepotan dan merasa tidak nyaman.

Agar dapat mengelola kos tanpa masalah, pemilik kos harus mempersiapkan dan mencegah terjadinya atap kos bocor. Yuk, mari cari tahu penyebab atap rumah kos bocor!

1. Atap yang terlalu landai

Tahukah Anda bahwa kemiringan atap yang kurang curam menyebabkan jalannya air tidak terlalu lancar? Air yang tertampung, terutama saat hujan pada akhirnya dapat memasuki celah-celah atap dan menyebabkan kebocoran. Agar air hujan dapat dengan mudah mengalir, sebuah bangunan disarankan untuk memiliki kemiringan atap sekitar 30 hingga 45 derajat. Dalam membuat atap juga disarankan untuk lebih mengurangi sambungan atap, karena hal tersebut dapat menyebabkan atap bocor.

2. Genteng yang retak atau tidak terpasang dengan tepat

Hal ini merupakan faktor yang paling sering ditemui saat masalah kebocoran atap terjadi. Pemasangan atap seperti genteng atau asbes harus dihubungkan antara satu dengan yang lain. Pemicunya memang bisa timbul saat memasang genteng kurang menempel, atau memang dikarenakan bahan genteng yang mudah retak atau bocor. Jika kita sudah menemukan genteng yang sudah retak dan tidak terpasang dengan tepat, segeralah mengganti genteng tersebut agar air tidak masuk ke dalam ruangan.

3. Talang air yang tidak sesuai

Saluran tempat mengalirnya air dari atap menuju pembuangan atau yang biasa disebut talang juga merupakan salah satu faktor bocor atau tidaknya sebuah atap. Pastikan talang tersebut dipasang dengan sesuai pada sambungan sampai ke pembuangan. Pilihlah juga ukuran talang yang tidak terlalu kecil agar aliran air lebih lancar.

4. Tersumbatnya sampah

Masalah kebocoran ini terkadang disebabkan karena adanya sesuatu yang menyumbat pada talang. Biasanya daun-daun yang jatuh dari pepohonan bisa menumpuk dan menyumbat talang air. Dampaknya, air yang seharusnya mengalir jadi tersumbat dan juga meluber ke celah atap.

Itulah beberapa penyebab atap bocor. Jika atap sudah terlanjur bocor, segeralah perbaiki agar tidak ada komplain lanjutan dari anak kos. Jangan sampai anak kos jadi harus repot untuk memindahkan barang-barang mereka untuk menghindari air rembesan karena atap yang bocor. Anda perlu mewaspadai hal ini, terutama ketika musim hujan datang. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda juga dapat menggunakan water proofing. Cat yang mengandung water proofing mempunyai kandungan yang menyebabkan air tidak tembus sehingga dapat menghindari kebocoran.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us