Cara Meredam Panas Pada Penutup Atap Metal

On 2020-09-09, in Info, by editor

Bagaimana cara meredam panas pada penutup atap metal? Sudah sifat dari bahan metal yang tipis untuk meneruskan panas, jauh berbeda dengan atap genteng tanah liat yang lebih tebal dan menyerap panas. Apabila hunian atau gedung menggunakan atap dari bahan metal, yang pertama menjadi panas adalah ruangan dibawah atap metal tersebut. Salah satu penutup atap dari bahan metal adalah galvalum berupa genteng metal. Disamping keunggulannya yang ringan dan sangat praktis dalam pemasangan. Juga memiliki kekurangan yaitu meningkatkan temperatur ruangan di bawahnya. Temperaturnya tentu cukup terasa panas bagi penghuni rumah apalagi disaat siang hari dan bertepatan dengan musim kemarau.

Ada beberapa cara yang umum digunakan untuk mengurangi panasnya rumah beratap metal. Antara lain :

a. Pakai pelapis aluminum foil

Merupakan peredam panas yang cukup baik. Bisa menjadikan temperatur rumah atau bangunan menjadi lebih sejuk. Bahan ini mudah disesuaikan dengan bentuk atap hunian, mudah dipasang pada rangka atap sebab berbentuk lembaran yang digulung, bisa mengurangi kotoran yang masuk pada sela-sela genteng metal sehingga plafon lebih awet. Plafon juga tidak cepat rapuh akibat pemuaian berlebih sebab terjaga kondisinya.

b. Pakai pelapis EPS (Expanded Polystyrene)

Merupakan insulator atau peredam panas maupun dingin yang baik dan tahan terhadap panas. Karena mampu meredam panas dan juga menahan aliran udara yang masuk, temperatur ruangan di bawah atap cenderung lebih stabil.

c. Polyurethane Foam

Merupakan sejenis busa polyurethane yang disemprotkan pada area yang akan diinsulasi dari panas ataupun dingin. Serta menjadi insulator atau peredam panas maupun dingin yang sangat baik sehingga cocok digunakan pada area beriklim dingin maupun panas. Mudah diaplikasikan karena cukup disemprotkan ke area yang akan dilapisi. Ini adalah beberapa cara yang umum digunakan untuk meredam panas dari genteng metal.

Tidak hanya itu, untuk mengurangi panas bangunan beratap metal,  kita juga bisa melakukan antara lain:

a. Memasang plafon

b. Memasang turbin ventilator (kipas bulat yg digerakkan angin, biasa dipakai di bangunan pabrik), membuat lubang-lubang ventilasi di area loteng

c. Menambah lapisan insulasi panas dibawah atap. Insulasi dari aluminium baik yang single layer atau double layer

d. Buat lubang ventilasi pada kedua sisi dinding yang sejajar pada arah yang bersilangan agar terjadi cross ventilation. Jika diperlukan, bisa ditambah kipas angin untuk membuang panas keluar (exhaust fan). Jumlah dan ukuran exhaust fan harus cukup memadai untuk ruangan.

e. Jangan lupa memberi ram kawat pada lubang ventilasi agar tikus tidak bisa masuk.

Bagi anda yang memiliki profesi yang berhubungan dengan bangunan dan sedang menjalankan physical distancing guna cegah penyebaran COVID-19, order Rainbow dari rumah, Kami siap antar:

a. Order lewat Whatsaap atau by phone

b. Kami kirim langsung ke lokasi anda

c. Harga yang didapat tetap paling murah

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us