Masalah Rutin yang Harus Dihadapi oleh Pemilik Rumah

On 2024-04-26, in Info, by editor

Saat Anda memiliki rumah, ada empat masalah rutin yang harus Anda hadapi setiap saat. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan dana cadangan. Ketika Anda mempunyai hunian, Anda harus mempersiapkan dana cadangan untuk renovasi dan juga perawatan rumah. Setelah beberapa tahun, ada saja bagian rumah yang harus diganti.

Sebuah situs properti asal Amerika Serikat pernah melansir bahwa pemilik rumah sebaiknya memiliki dana renovasi minimal 10 persen dari harga rumah. Jadi kalau hunian Anda berharga Rp500 juta, maka Anda seharusnya mempunyai dana perbaikan rumah Rp50 juta. Dana ini tentunya berbeda dengan dana tabungan, dana investasi, dan lainnya. Dana ini khusus diperuntukkan untuk renovasi dan perbaikan.

Pemilik rumah akan menghadapi empat masalah rutin yang dihadapi setiap saat. Ilustrasi mudahnya seperti ini, sekarang sedang masuk musim hujan. Coba cek bagian mana yang bocor? Pastinya Anda akan menemukan genteng yang bergeser, talang air yang bocor, saluran air mampet, dan lainnya. Kalau Anda menggunakan jasa tukang bangunan untuk memperbaikinya, Anda harus merogoh uang mulai dari ongkos tukang hingga bahan bangunan.

Ada sejumlah masalah rutin yang akan Anda hadapi setiap saat ketika memiliki rumah. Masalah apa sih ya? Sebaiknya, Anda catat seluruhnya.

1. Atap Rumah Bocor

Saat musim hujan datang, Anda akan menemukan kalau ada atap yang bocor, talang air yang mampet, air merembes di dinding, dan masih banyak lagi. Hal ini lazim dialami oleh pemilik rumah. Sederetan hal ini baru diketahui saat musim hujan. Bisa jadi sebelum hujan datang, tukang bangunan telah memperbaiki atap, talang, dan dinding. Namun, ketika hujan turun, masalah lainnya baru terlihat. Anda harus memperbaiki semua masalah ini dengan segera. Kalau tidak, maka kebocoran akan semakin parah.

2. Pipa Air Bocor

Biasanya masyarakat Indonesia menggunakan air PAM atau air tanah. Air ini akan disimpan di tempat penyimpanan air di atap rumah. Hal yang akan Anda hadapi adalah pipa air yang bocor. Bayangkan kalau Anda ingin mandi, pipa air malah bocor. Mungkin air tidak hanya menggenangi kamar mandir dan sekitarnya. Air bisa juga merembes ke dinding sehingga menimbulkan bekas yang membuat rumah terlihat jelek. Anda mesti menangani masalah ini segera.

3. Lubang Pembuangan Toilet Macet

Masalah lain yang dihadapi pemilik rumah adalah toilet yang macet. Saat Anda ingin buang air, ternyata toilet macet. Hal ini tentu membuat Anda senewen.

Toilet memang merupakan ruangan yang sering dilupakan untuk didesain. Lokasinya juga disembunyikan. Namun, peranan toilet ini sangat penting, memangnya Anda bisa menahan buang air kecil atau buang air besar? Toilet macet bisa disebabkan banyak hal. Biasanya sih ada barang yang menyumbat saluran seperti kertas tisu, plastik, dan lainnya. Anda harus segera memanggil ahli toilet untuk mengatasinya.

4. Kehadiran Serangga dan Binatang Pengerat

Jangan remehkan tikus. Binatang pengerat ini bisa masuk ke dalam rumah. Jangan sampai tikus menjadikan rumah Andasebagai sarang. Anda harus segera menutup akses tikus. Serangga seperti kecoa, nyamuk, kalajengking, dan lainnya juga menjadi masalah lainnya. Saat rumah Anda tidak rapi dan kotor, serangga akan datang.

Pastikan tidak ada tempat untuk tikus dan serangga untuk ikut tinggal di rumah Anda. Lakukan sejumlah langkah untuk mengatasinya. Air kencing tikus berbahaya bagi kesehatan manusia. Selain itu, kehadiran tikus bisa mengundang ular untuk masuk ke dalam rumah. Tikus merupakan mangsa ular. 

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us