Cara Menghabiskan Waktu di Tempat Kerja

On 2017-03-25, in Tips, by editor

Jam kosong memang tidak bisa dihindari dalam berbagai jenis pekerjaan, namun meskipun Anda benar-benar tidak memiliki hal lain untuk dikerjakan, bos Anda mungkin tidak akan senang melihat Anda bersantai. Bersantailah secara sembunyi-sembunyi, atau habiskan waktu Anda melakukan hal produktif yang lebih nyaman, alih-alih menunggu konsumen atau email.

Setiap orang pasti pernah mengalami bosan saat bekerja. Bosan saat bekerja memang biasa di rasakan oleh setiap orang di dunia ini. Karena kepadatan jam di kantor kadang kita sering bengong, ngantuk, pusing dll. Berikut cara menghabiskan waktu secara produktif saat mengalami kebosanan dikantor.

1. Cobalah membuat suasana kerja yang menyenangkan. 

Jika Anda merasa malas bekerja, cobalah mengganti pendekatan Anda dengan bercakap-cakap dengan teman sekerja Anda, atau bergaul dengan mereka di luar kantor untuk membuat situasi kerja yang lebih hangat. Beri semangat diri Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan memberi hadiah di setiap jam, seperti camilan atau istirahat.

2. Tawari bantuan pada teman sekerja. 

Berjalan-jalanlah di kantor dan tanyakan teman Anda, apakah mereka perlu bantuan? Tinggalkan mereka jika mereka menolak, mengganggu mereka dengan tawaran bantuan malah tidak disarankan.

3. Aturlah email kerja Anda. 

Bacalah seluruh email yang belum dibaca dan balaslah sebanyak mungkin. Setelah selesai, gunakan sistem label atau folder pada layananemail Anda untuk mengatur email. Anda bisa mengatur email berdasarkan tanggal harus dibalas (hari ini, minggu ini, atau bulan ini), proyek, atau jenis (pengumuman, dokumen referensi, dan pribadi). Jika Anda menggunakan sistem email berdasarkan Gmail, Anda bisa mengatur pesan baru agar langsung masuk ke kategori tertentu.

4. Cobalah olahraga ringan yang baik untuk kesehatan, juga baik untuk membunuh waktu. 

Kebanyakan olahraga ringan bisa dilakukan sambil duduk, seperti memutar bahu dan leher, atau menggerakkan otot lengan dan kaki Anda

5. Bacalah topik-topik terkait pekerjaan. 

Bos Anda akan sulit menyalahkan Anda jika Anda menghabiskan waktu untuk belajar di tempat kerja. Bacalah blog atau jurnal terkait pekerjaan Anda secara daring, atau bawalah buku terkait pekerjaan untuk dipelajari saat senggang.

6. Buatlah kalender sendiri. 

Anda bisa membuat kalender sendiri dengan kertas cetak, atau kertas karton jika tersedia di tempat kerja Anda. Proses ini memerlukan banyak waktu, mulai dari mengokot kertas hingga membuat kalender berbentuk binder. Setelah Anda memotong kertas, gunakan penggaris unuk membuat enam garis vertikal untuk membagi halaman menjadi tujuh hari. Buatlah empat garis horizontal untuk membagi garis menjadi lima baris, dan Anda akan memiliki cukup baris untuk menulis tanggal dalam sebulan. Salinlah kalender daring untuk menandai hari, langkah tersebut akan mengurangi kesalahan.

- Jika Anda punya lebih banyak waktu kosong, warnai setiap bulan, dan masukkan liburan serta ulang tahun keluarga untuk setahun ke depan.

- Jika Anda tidak ingin memotong dan merakit kalender sendiri, jadikan buku catatan tua menjadi agenda, dengan dua hingga tiga hari per halamannya. 

7. Bersihkan tempat kerja Anda dan ruangan bersama. 

Atur laci meja Anda. Keluarkan sampah atau bersihkan kamar mandi. Jika Anda benar-benar tidak punya pekerjaan, melakukan hal-hal kecil tersebut akan menjadi tanda bagi bos agar Anda mendapat pekerjaan lebih. 

8. Carilah pekerjaan baru. 

Langkah ini mungkin tidak ingin Anda lakukan di kantor, namun jika Anda sudah mengikuti seluruh langkah pada panduan ini, Anda mungkin perlu menemukan kesempatan yang lebih menantang.

Jika Anda kesulitan mendapat motivasi untuk pekerjaan yang harus Anda lakukan, cobalah mengerjakan beberapa tugas secara bergantian, misalnya 15-30 menit per tugasnya. Jadwalkan istirahat lima menit setiap 30-60 menit untuk menyegarkan diri Anda. Semangat bekerja!

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us