2 Langkah Tepat Melakukan Renovasi Rumah Di Musim Hujan

On 2016-02-03, in Tips, by rainbow

Biasanya sebelum melakukan renovasi rumah, pemilik rumah akan berdiskusi dulu tentang waktu yang tepat untuk melakukan renovasi rumah. Mengingat keinginan untuk segera menyelesaikan renovasi dengan cepat, maka tentunya akan lebih baik jika Anda mengerjakan renovasi rumah di musim panas saja. Sebab, jika anda melakukan renovasi rumah di musim hujan, maka pengerjaan rumah akan berjalan lambat karena terhalangi oleh hujan yang bisa datang sewaktu-waktu tanpa kenal waktu dan tanpa tanda-tanda, selain itu jika pada saat rumah sedang direnovasi tiba-tiba turun hujan, maka pekerjaan yang tadi sedang dilakukan bisa rusak dan harus diulang kembali.

Misalnya saja saat itu rumah sedang dicat bagian luarnya, belum juga kering catnya tiba-tiba hujan turun dengan sangat deras, akhirnya permukaan dinding yang dicat terlihat luntur dan timbul bercak-bercak yang membuat tampilan rumah menjadi kotor dan berantakan. Namun, terkadang ada saja kondisi yang membuat Anda harus melakukan renovasi rumah di musim hujan, lalu bagaimana caranya agar rumah tetap bisa direnovasi meski sedang dalam musim hujan?

Langkah Pertama

Bagaimana pun caranya Anda harus bisa menjaga bahan-bahan bangunan yang akan digunakan untuk renovasi rumah berada di tempat aman. Jika Anda memiliki garasi maka sebaiknya Anda simpan bahan bangunan itu di dalam garasi. Sehingga jika tiba-tiba turun hujan Anda tidak perlu repot memindahkan barang ke tempat yang teduh. Bisa juga Anda tutupi bahan-bahan bangunan tersebut dengan kain terpal, namun jika permukaan di bawah bahan bangunan itu basah maka tetap saja hal itu akan merusak kualitas bahan bangunan.

Apalagi jika bahan bangunan itu adalah kayu, maka jika basah terus menerus akhirnya sebelum sempat digunakan, bahan bangunan itu menjadi lapuk, karena lembap, akhirnya rayap-rayap pun bisa datang dan menggerogotinya. Jika Anda tidak menyadari adanya kelapukan di kayu itu dan tetap menggunakannya maka hal itu nantinya akan berbahaya untuk keselamatan penghuni rumah, bisa-bisa suatu saat kayu yang digunakan patah.

Langkah Kedua

Pada saat melakukan renovasi rumah di musim hujan, maka Anda harus mempersiapkan sejumlah bahan tambahan seperti terpal, plastik atau seng peneduh yang bisa menghalau air hujan agar tidak menciprati bagian luar rumah yang sedang direnovasi. Anda juga harus memperhatikan tentang cuaca yang sedang terjadi. Jika memang sedang hujan, maka sebaiknya hentikan sementara pekerjaannya dan lanjutkan lagi ketika sudah terang. Meski hal ini bisa menghambat pekerjaan, namun ini adalah cara yang paling aman agar semua bahan yang digunakan pada saat melakukan renovasi bisa terlindung dan tidak menimbulkan bahaya di kemudian hari. Adukan semen juga harus berada di tempat yang kering dan jangan sampai terciprat air hujan agar semen tidak menjadi terlalu encer karena air hujan.

Tags : tips
renovasi
rumah
atap
genteng
Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us